:)

:)
senyum

Sunday, September 23, 2012

PERMULAAN SAINS DI YUNANI


PERMULAAN SAINS DI YUNANI

Beberapa faktor yang sudah mendahului dan seakan-akan mempersiapkan lahirnya filsafat di Yunani yaitu:
1.    Mitologi  yunani kuno
Mite jenis pertama yang mencari keterangan tentang asal usul alam semesta sendiri biasanya disebut mite kosmogonis, sedangkan mite jenis kedua yang mencari keterangan tentang asal usul serta sifat kejadian dalam alam semesta disebut mite kosmologis. Khusus pada bangsa Yunani ialah mereka mengadakan beberapa usaha untuk menyusun mite-mite yang diceritakan oleh rakyat menjadi suatu keseluruhan yang sistematis. Dalam usaha itu sudah tampaklah sifat rasional bangsa Yunani.
2.    Puisi homeros “ilias dan odysea”
3.        Pengaruh Ilmu Pengetahuan yang pada waktu itu sudah terdapat di Timur Kuno
Bangsa yunani mengolah unsur-unsur ilmu ukur dan ilmu hitung sebagian yang berasal dari Mesir dan Babylonia atas cara yang tidak pernah disangka-sangka.sehingga pada bangsa Yunani ilmu pengetahuan mendapat corak yang sungguh-sungguh ilmiah.
Beberapa filsuf pada masa itu antara lain :
  Thales (624-548 SM),
Thales, yang dikenal dengan filosof tertua, mengucapakan “semua adalah air”, dengan kata lain, dia berpendapat bahwa asal alam adalah air.
  Anaximenes (590-528 SM),
 Anaximandros mencoba menjelaskan bahwa substansi pertama itu bersifat kekal, ada dengan sendirinya. Dia mengatakan itu udara, udara merupakan sumber segala kehidupan.
  Phitagoras (532 SM),
Phytagoras berusaha menemukan kunci bagi harmoni universal, baik yang bersifat alamiah maupun sosial, dan personalitas bilangan. Ia berpendapat bahwa bilangan adalah unsur utama alam dan sekaligus menjadi ukuran. Unsur-unsur bilangan itu adalah genap dan ganjil, terbatas dan tidak terbatas. Jasa Phytagoras sangat besar dalam pengembangan ilmu, terutama ilmu pasti dan ilmu alam. Ilmu yang dikembangkan kemudian hari sampai hari ini sangat bergantung pada pendekatan matematika.
  Herakliotos (535-475 SM)
Heraklitos melihat alam semesta selalu dalam keadaan berubah. Baginya kosmos tidak pernah berhenti (diam); ia selalu berubah, dan bergerak. Pernyataan “semua mengalir” berarti semua berubah bukanlah pernyataan sederhana.  SM),
  Parminides (540-475 SM)
Parmenides berpendapat bahwa realitas merupakan keseluruhan yang bersatu, tidak bergerak dan tidak berubah.
Zaman Kuno meliputi zaman filsafat pra-Socrates di Yunani. Tokoh-tokohnya dikenal dengan nama filsuf pertama atau filsuf alam. Mereka mencari unsur induk (arche) yang dianggap asal dari segala sesuatu.
ZAMAN KEEMASAN FILSAFAT YUNANI
Pada zaman ini kajian-kajian kelimuan yang muncul adalah perpaduan antara filsafat alam dan filsafat tentang manusia. Dan diajarkan pada kaum muda.

No comments:

Post a Comment